Friday, July 20, 2007

SIM

TErinspirasi oleh bayu tentang pengurusan SIM (info dari M Titik), aku juga punya cerita. HAri Rabu kemarin aku ngurus perpanjangan SIM untuk kedua kalinya (pertama kali tahun 2002). Tahun 2002 aku ngurus perpanjangan sendiri dan berlangsung hampir 2 hari. HAri pertama ngantri pembayaran hingga foto, hari keduanya ngambil SIM jadi, waktu itu total biaya yg aku keluarkan sekitar 85 ribu meliputi (formulir, test kesehatan, nyari arsip yg dulu dan sidik jari) Untuk mempersingkat wktuku, perpanjangan th 2007 ini aku mencoba by pass dg bantuan someone. Kali pertama aku cari info bantuan dia ngabani 250 rb (gileeee kaya bikin baru) mending jalan sendiri pikirku. Trus info kedua ngabani 130 rb katanya nanti tinggal foto(wah kayaknya ini nih yg mau kuambil). Akhirnya aku memutuskan pake yg kedua, sabtu sore aku ket4 beliau utk menyerahkan FC KTP n SIM C (cukup 1 aja kok) plus kasih uang muka dia bilang biayanya 125 aja mbak. Aku bikin janji ke Polres Sleman hari Rabu pagi. Rabu pagi aku jalan ke Polres Sleman sampai disana aku ketemu sama beliau, tahu2 dianya bilang "kekurangan pembayaran sekalian mbak", pdhl kalo gak dimintapun aku dah nyiapin. Habis aku kasih *** tadi dia lgs masuk ngambil formulir "kosong", trus diisi didepanku aku tinggal tanda tangan. Pikirku habis itu aku tinggal foto, tp ternyata formulir tadi diserahin ke aku disuruh masukin ke loket III (untuk ambil nomor utk antri foto). Jadilah aku harus ngantri sendiri mana dapt urutan yg agak lumayan. Sambil nunggu pengambilan SIM aku diminta ambil sidik jari. Tahu nggak ternyata untuk ambil formulir sidik jari yg cuma setengah kuarto n kertas kecil itu aku keluar biaya lagi 5 rb tanpa kuintansi (bayangin dalam sehari mereka bisa dapat berapa). TRus pas ngambil SIM jadi aku juga harus keluar biaya lagi 5 rb "biaya laminating nih". Jadi utk tahun ini total biaya yg kukeluarkan 135 rb (Formulir, sidik jari dan ambil SIM plus keluar biaya utk biro jasa he he he) Rincian harga perpanjangan SIM ku : 1. Formulir 60 rb 2. Sidik jari 5 rb 3. PEngambilan SIM 5 rb 4. PEngisian formulir 65 ribu (lebih mahal dari biaya formulirnya euy) MEmang benar apa yg sudah ditulis di atas loket pendaftaran "JANGAN MENGURUS LEWAT CALO" tapi apa mau dikata utk menyingkat waktu aku terpaksa menggunakan pepatah "TIME IS MONEY" he he he . Tapi agak lumayan juga kok ada good view disana, soale polisi yg motret agak enak dipandang jadi ngantri sambil liat pemandangan bagus :">

1 comment:

Anonymous said...

HEHEHE,Slogan "JANGAN MENGURUS LEWAT CALO" sepertinya menjadi aneh, sebab calonya kadang aparat sendiri hehehe. Menurutku sekarang calo sudah berganti peran, tidak sebagai perantara yang bisa mempercepat proses, tapi seringkali hanya membantu mengisikan formulir, Toh disuruh antri juga khan. Bisa Double ruginya, waktu dan uang.